TOEFL adalah kepanjangan dari Test of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.
Secara umum tes ini untuk menilai:
1. Mahasiswa mempunyai kemampuan menulis dan tata bahasa yang baik dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah.
2. Mahasiswa mempunyai kemampuan membaca bahasa Inggris dengan baik dan benar agar nantinya bisa memahami buku-buku materi yang diwajibkan.
3. Mahasiswa mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris.
Umumnya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
- grammar structure and written expression
- listening comprehension
- reading comprehension
- writing
Berbicara mengenai section Grammar Structure pada tes TOEFL, tentu saja tidak terlepas dari susunan kalimat. Untuk itu, berikut akan dijelaskan mengenai grammar structure didalam TOEFL :
I. Subject-Verb Agreement
Subject-Verb Agreement adalah peraturan umum grammar yang membuat subject dan verb kalimat harus saling menyesuaikan. Ingat bahwa subject dan verb dalam sebuah kalimat harus sesuai (agree). Subjek yang tunggal (singular subject) harus bertemu dengan kata kerja tunggal pula (singular verb); subjek jamak (plural subject) harus bertemu dengan kata kerja yang jamak (plural verb).
Example :
1. Basic Subject-verb Agreement
a) The elevator works very well.
(elevator itu berfungsi dengan sangat baik.)
b) The elevators work very well.
(elevator-elevator itu berfungsi dengan sangat baik.)
c) My friend lives in Makassar.
(temanku tinggal di Makassar.)
d) My friends live in Makassar.
(teman-temanku tinggal di Makassar.)
Penjelasan:
· Verb + -s/-es: untuk orang ke tiga tunggal dalam present tense
· Work-works, live-lives
· Noun + -s/-es: jamak (plural)
· Elevator-elevators, friend-friends
e) My brother and sister live in Lasusua, Southeast Sulawesi.
(saudara laki-laki dan perempuanku tinggal di Lasusua, Sulawesi Tenggara.)
Penjelasan:
Dua atau lebih subjek yang dihubungkan oleh “and” berarti berbentuk plural. Kecuali untuk
subjek “every” dan “each.” Akan dijelaskan selanjutnya di bawah.
f) Every man, woman, and child needs love.
(tiap orang baik itu laki-laki, perempuan, maupun anak-anak membutuhkan rasa kasih saying.)
g) Each book and magazine is listed in the card catalog.
(tiap buku dan majalah terdaftar di catalog.)
Penjelasan:
· Pengecuailan: Kata “every” dan “each” selalu berbentuk tunggal. Walaupun kata benda yang
dihubungkan ada dua atau lebih, kata keja (verb) yang mengikutinya berbentuk tunggal (singular).
h) That book in the library of UIN Alauddin is interesting.
(buku yang di perpustkaan UIN Alauddin itu menarik.)
i) The books in the library of UIN Alauddin are very interesting.
(buku-buku yang di perpustkaan UIN Alauddin itu menarik.)
j) My cat, as well as my dogs, likes cat food.
(kucing dan anjingku suka makanan kucing.)
k) My cats, as well as my dogs, like cat food.
(kucing dan anjing-anjingku suka makanan kucing.)
l) The book that I got from my friend, Muh. Rifqy, was very interesting.
(buku dari temanku, Muh. Rifqy, itu sangat menarik.)
m) The books that I got from my friend, Muh. Rifqy, were very interesting.
(buku-buku dari temanku, Muh. Rifqy, itu sangat menarik.)
n) The study of the languages is very interesting.
(pelajaran bahasa itu sangat menarik.)
Penjelasan:
Kadang sebuah frasa atau klausa memisahkan sebuah subjek dari kata kerjanya (verb). Struktur-struktur yang memisahkan itu tidak mempengaruhi aturan dasar. Contohnya, di (h) frasa preposisi “in the library of UIN Alauddin” tidak mengubah ketentuan awal bahwa kata kerja “is” harus sesuai dengan subjek “book.” Di (l) dan (m) subject dan verb nya dipisahkan oleh sebuah ajective clause “that I got from my friend, Muh. Rifqy,.”Contoh lain:
· Imamsyah Al-Hadi, along with his friends, is playing football.
· Mismar, accompanied by Muh. Ikhsan Nur and Mila, is going to a party tonight.
· Iswahyudi, together with Lisa, is taking English Education Department.
o) Playing football is my hobby.
(hobiku adalah bermain sepak bola.)
Penjelasan:
Sebuah gerund (playing) yang menjadi subjek dalam sebuah kalimat memerlukan sebuah kata kerja tunggal.
p) Anybody who has lost his ticket should report to the desk.
(siapapun yang kehilangan dompetnya diharap bagian kas.)
Penjelasan:
Any + singular noun harus diikuti oleh kata keja tunggal.
2. Subject-verb agreement: menggunakan ungkapan jumlah (kuantitas)
a) Some of the book is good.
b) Some of the books are good.
c) A lot of the equipment is new.
d) A lot of my friends are here.
Penjelasan:
Kebanyakan ungkapan kuantitas, bentuk kata kerja ditentukan oleh kata benda (pengganti benda)
yang mengikuti kata “of.” Contohnya:
Di (a) some of + kata benda tunggal (book) = kata kerja tunggal (is).
Di (b) some of + kata benda jamak (books) = kata kerja jamak (are).
Di (c) a lot of + kata benda tak dapat dihitung = kata kerja tunggal (is).
Di (d) A lot of + kata benda jamak = kata kerja jamak (are).
e) One of my friends is here.
f) Each of my friends is here.
g) Every one of my friends is here.
Penjelasan:
PENGECUALIAN: one of, each of, dan every one of membutuhkan kata kerja tunggal.
One of
Each of + kata benda jamak = kata kerja tunggal.
Every one of
h) None of the boys is here.
i) None of the boys are here.
j) None of counterfeit has been found.
k) No example is relevant to this case.
l) No examples are relevant to this case.
Penjelasan:
Subject dengan “none of” dianggap tunggal untuk Bahasa Inggris yang sangat formal, tapi sering digunakan berbentuk plural untuk penulisan pidato yang tidak formal. Semantara none of + Uncountable noun (tunggal) = tunggal.
m) The number of students in my class is thirty-three.
n) A number of students were late for class.
Penjelasan:
Di (l) “the number” merupakan subjek.
Di (m) “A number of” merupakan sebuah ungkapan kuantitas yang bermakna “banyak.” “A number of”diikuti oleh kata benda jamak dan kata kerja jamak.
o) If either of you takes a vacation now, we will not be able to finish the work.
p) Neither of my friends is ready for marriage.
q) Either Muh. Aslam or Muh. Jusran is going to the beach today.
r) Neither Muh. Aslam nor Muh. Jusran is going to the beach today.
s) Either Muh. Aslam or his friends are going to the beach today.
t) Neither Muh. Aslam nor his friends are going to the beach today.
Penjelasan:
Bentuk “either” dan “neither” adalah tunggal jika mereka tidak digunakan bersama “or” dan “nor” seperti pada contoh (q) dan (r). ketika “either” dan “neither” diikuti oleh “or” dan “nor,” kata kerjanya bisa berbentuk tunggal juga jamak, tergantung kata benda yang mengikuti (setelah) “or” dan “nor” apakah tunggal atau jamak.
3. Subject-verb agreement: menggunakan there + to be
a) There are thirty-three students in my class.
b) There is a student in the class.
c) There are seven continents.
d) There is a book on the shelf.
e) There are some books on the shelf.
f) There is some books on the shelf.
Penjelasan:
Ingat bahwa subjek dari kalimat yang didahului “there” adalah setelah kata kerja. Pada contoh (a) subjeknya adalah thirty-three students (BUKAN THERE).
4. Subject-verb agreement: yang tak beraturan
a) The United States is big.
b) The Philippines consists of more than 7,000 islands.
Penjelasan:
Kadang sebuah proper noun (The United States, The Philippines) yang berakhir –s adalah tunggal. Pada contoh di atas, jika subjeknya (The United States atau The Philippines) diubah ke sebuah pronoun (kata ganti), pronoun tunggal “it” yang digunakan (bukan pronoun jamak “they”) karena bendanya (The United States atau The Philippines) berbentuk tunggal.
c) The news is interesting
Penjelasan:
News berbentuk tunggal.
d) Mathematics is easy for her.
Penjelasan:
Mata pelajaran yang berakhir –ics berbentuk tunggal, contoh lain adalah physics.
e) Diabetes is an illness.
Penjelasan:
Beberapa penyakit tertentu yang berakhir –s adalah tunggal: diabetes, measles, mumps, rabies, rickets, shingles.
f) Eight hours of sleep is enough.
g) Ten dollars is too much to pay
h) Five thousand miles is too far to travel.
Penjelasan:
Ungkapan waktu, uang, dan jarak biasanya membutuhkan kata kerja tunggal (singular verb).
i) Two and two is four.
Penjelasan:
Ungkapan ilmu hitung membutuhkan kata kerja tunggal.
j) The police have been called.
k) Cattle are domestic animals.
Penjelasan:
Kata “police” dan “cattle” tidak berakhiran –s, tetapi adalah kata benda yang jamak dan membutuhkan kata kerja jamak pula.
l) English is spoken in many countries.
m) The English drink tea.
n) Chinese is not easy to learn.
o) The Chinese have an interesting history.
Penjelasan:
Di (l) English : bahasa. Di (m) The English : orang-orang Inggris. Beberapa kata benda nasional (nama Negara) yang berakhiran –sh, -ese, dan –ch bisa berarti bahas ataupun penduduknya. Contoh: English, Spanish, Chinese, Japanes, Vietnamese, Portuguese, French.
p) The poor have many problems.
q) The rich get richer.
Penjelasan:
Beberapa kata sifat (adjective) bias didahului oleh kata “the” dan digunakan sebagai bentuk kata benda jamak (tanpa –s) untuk menyatakan orang-orang yang mempunyai sifat itu. Contoh lain: the young, the elderly, the living, the dead, the blind, the deaf, the disabled.
r) The pants are in the drawer.
s) A pair of pants is in the drawer.
t) The scissors are dull.
u) The pair of scissors is dull.
v) The family was elated by the news.
w) The committee has met, and it rejected the proposal.
x) The flock of birds is circling overhead.
y) The herd of cattle is breaking away.
Pejelasan:
Juga banyak kata benda --yang mengindikasikan banyak orang atau hewan-- adalah tunggal. Pada beberapa kasus kata-kata benda di atas bisa berbentuk jamak jika mengindikasikan individu-individu dari kelompok tersebut.
Sumber:
1. Understanding and Using English grammar (the third edition) by Betty Schrampfer Azar
2. Cliffs TOEFL Preparation Guide by Michael A. Pyle, M. A. and Mary Ellen Munoz Page, M. A.
II. Types of Sentence
Tipe-tipe kalimat bahasa inggris dapat dibedakan berdasarkan struktur atau penggunaannya.
Berdasarkan strukturnya, sentence type terbagi menjadi 4 macam, yaitu:
· simple sentence (kalimat tunggal)
· compound sentence (kalimat majemuk
· complex sentence (kalimat kompleks)
· compound-complex sentence
sedangkan berdasarkan penggunaannya, sentence types dapat dibedakan menjadi
· declarative sentence (kalimat pernyataan)
· interrogative sentence (kalimat pertanyaan)
· exclamatory sentence (kalimat seruan)
· imperative sentence (kalimat perintah
Sentence Types Berdasarkan Strukturnya
Simple Sentence
Simple sentence merupakan tipe kalimat bahasa Inggris yang paling mendasar karena hanya terdiri dari satu independent clause.
Contoh Kalimat Simple Sentence:
1 | Water boils at 100 degrees Celcius. |
2 | The train leaves in ten minutes. |
Compound Sentence
Compound sentence merupakan tipe kalimat yang terdiri dari dua atau lebih independent clause yang dihubungkan oleh coordinate conjunction (for, and, nor, but, or, yet, so), semicolon (titik koma), dan conjunctive adverb (besides, futhermore, hence, however, instead, nevertheless, so, then, therefore, etc).
Contoh Kalimat Compound Sentence:
1 | I like coffee but it affects my ability to sleep. |
2 | I’m going to my cooking class and then I’m meeting my friend at the book store. |
Complex Sentence
Complex sentence adalah tipe kalimat bahasa Inggris yang terdiri dari satu independent clause dan satu atau lebih dependent clause berupa adverbial clause, adjective clause, atau noun clause.
Contoh Kalimat Complex Sentence:
1 | I didn’t buy the car because it was too expensive. |
2 | He’s buying a house that needs repair. |
Compound-Complex Sentence
Compound-complex sentence merupakan tipe kalimat hasil kombinasi antara compound sentence dengan complex sentence.
Contoh Kalimat Compound-Complex Sentence:
1 | My father, who works as a consultant, doesn’t make much money; therefore he sells stuff on the side. |
2 | He told me that he would call me when he got home, but he never did. |
Sentence Types Berdasarkan Penggunaannya
Declarative Sentence
Declarative sentence adalah tipe kalimat bahasa Inggris yang digunakan untuk membuat pernyataan yang dapat berupa fakta atau pendapat.
Contoh Kalimat Declarative Sentence:
1 | I think they’re coming tonight. |
2 | The earthquake struck just 10 km underground. |
Interrogative Sentence
Interrogative sentence adalah tipe kalimat bahasa Inggris yang digunakan untuk membuat pertanyaan seperti
· yes-no question (meminta respon “ya” atau “tidak”)
· alternative question (meminta memilih satu dari dua atau lebih kemungkinan)
· wh- question (meminta informasi)
· tag question (meminta persetujuan)
Contoh Kalimat Interrogative Sentence:
1 | Do you really thing so? |
2 | Why did you quit your last job? |
Exclamatory Sentence
Exclamatory sentence adalah tipe kalimat untuk menyatakan perasaan yang kuat (strong feeling) melalui seruan. Tipe kalimat ini diakhiri tanda baca exlamation mark (tanda seru).
Contoh Kalimat Exclamatory Sentence:
1 | What a beautiful craft! |
2 | Don’t let him come in! |
Imperative Sentence
Imperative sentence adalah tipe kalimat bahasa Inggris untuk membuat perintah (command), permintaan (request), atau petunjuk (instruction). Tipe kalimat ini diakhiri dengan full stop (titik) atau bisa juga dengan exlamation mark (tanda seru) jika melibatkan perasaan yang kuat.
Contoh Kalimat Imperative Sentence:
1 | Please take off your shoes here. |
2 | Have a seat. |
Exercises:
· Soal Simple, Compound, Complex, Compound-Complex Sentence
· Soal Imperative Sentence
· Soal Yes-No Question
· Soal Question Tag
· Soal Wh- Question
Related Posts:
· Sentence Pattern
· Sentence Variety
· Sentence Fragment
· Run-On Sentence
References:
1. Sentence Types. http://www.ithaca.edu/faculty/twomey/HSEL/Sentence%20Types.pdf.
Accessed on February 26, 2013.
2. The Discourse Functions of Sentences. http://www.ucl.ac.uk/internet-
grammar/clauses/decl.htm. Accessed on February 26, 2013.
3. Kinds of Sentences.
http://www.sinclair.edu/centers/tlc/pub/handouts_worksheets/english/sentences_kinds_of.pdf.
Accessed on February 26, 2013.
4. The Four Sentence Patterns. http://flang1.kendall.mdc.edu/4/410/L410lec3/L410lecture3.htm.
Accessed on February 26, 2013.
5. Sentence Types. http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/573/02/. Accessed on October 2,
2012.
6. Types of Sentences: Simple, Compound, Complex, and Compound-Complex.
http://www.ucmo.edu/ae/writing/documents/TYPESOFSENTENCES.pdf. Accessed on
October 2, 2012.
7. Syntax – English sentence structure. http://esl.fis.edu/learners/advice/syntax.htm. Accessed on
October 2, 2012.
8. Kinds of Sentences and Their Punctuation. http://www.towson.edu/ows/sentences.htm.
Accessed on October 2, 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar